Jumat, 17 September 2021

Inilah Manfaat TOMAT Yang Masih di Remehkan Banyak Orang

Manfaat makan tomat setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sangat cocok sebagai sajian menu di pagi hari, makan siang, penyegar atau dimakan mentah di malam hari. Secara teknis, tomat termasuk buah-buahan, karena memiliki biji dan berkembang dari indung telur tanaman berbunga. Meskipun umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan likopen, yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Pemilik nama ilmiah Solanum lycopersicum ini merupakan buah dari keluarga nightshade yang berasal dari Amerika Selatan.

Tomat mengandung banyak senyawa dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Disebut sebagai sumber vitamin C, potasium, folat, dan vitamin K. Biasanya berwarna merah saat matang, tomat juga bisa datang dalam berbagai warna, termasuk kuning, oranye, hijau, dan ungu.

Mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi garam dan natrium secara bijak dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap ideal. Selain itu, menjaga kestabilan tekanan darah juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi asupan kalium yang tinggi seperti tomat. Kalium dapat melebarkan arteri sehingga aliran darah ke organ vital lebih lancar dan tekanan darah tetap terjaga.

Membantu mengelola diabetes

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang makan asupan serat tinggi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Sementara itu, konsumsi asupan serat yang tinggi seperti tomat juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, lipid, dan insulin pada penderita diabetes tipe 2. Satu cangkir tomat dapat menyediakan sekitar 2 gram serat. Orang dewasa disarankan untuk makan setidaknya 25 gram serat per hari.

Merawat kulit dan mencegah jerawat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen dalam tomat dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan juga membantu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu, ternyata kandungan vitamin C pada tomat juga berfungsi sebagai stimulan kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi dan asap.

Memiliki kulit berjerawat memang mengurangi rasa percaya diri, sehingga terkadang mengganggu aktivitas kita di luar ruangan. Tapi tenang, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat membandel pada kulit wajah. Caranya cukup mudah, potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan cara ini setiap hari hingga jerawat membandel hilang dari wajah.

Sumber vitamin yang baik

Dari satu buah tomat saja, 40 persen kebutuhan vitamin C tubuh bisa terpenuhi. Namun, tidak hanya itu. Karena tomat juga menghasilkan vitamin A yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan kulit. Ada juga vitamin K yang baik untuk tulang. Serta potasium yang penting untuk fungsi jantung, otot, dan tekanan darah.

Melindungi kesehatan jantung

Tomat berwarna merah karena antioksidan yang disebut likopen. Dari hasil penelitian, untuk menjaga kesehatan jantung, lebih disarankan mengonsumsi tomat atau tomat olahan daripada memberikan suplemen likopen. Studi lain juga menjelaskan bahwa semakin tinggi kandungan likopen dalam darah, semakin rendah angka kematian pada orang dengan masalah metabolisme. Ini juga mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, dan stroke.

Meningkatkan penglihatan

Likopen dalam tomat baik untuk kesehatan mata karena mengandung lutein dan beta-karoten. Berdasarkan hasil penelitian, kedua nutrisi ini mendukung penglihatan dan melindungi kondisi mata dari katarak.

Pencernaan yang Sehat

Serat dalam tomat sangat membantu seseorang yang memiliki masalah pencernaan dan sembelit. Namun perlu diperhatikan bahwa kandungan asam dari olahan tomat dapat meningkatkan asam lambung dan maag pada beberapa orang.