Senin, 20 September 2021

Mengenal Seputar Perusahaan Lego Indonesia

Sudah sering mendengar seputar permainan Lego? Perkembangan lego indonesia sangat pesat, dan sudah ada perusahaan yang memegang lisensi produksi Lego. Bahkan, gerai resmi Lego juga sudah banyak tersebar di Indonesia. Berikut informasi seputar perusahaan dan perkembangan Lego di Indonesia.

Perusahaan Asal Mainan Lego
Lego merupakan salah satu permainan bongkar pasang yang digemari banyak masyarakat di dunia. Berdiri pada 1934, Grup Lego (perusahaan Lego) dirintis Ole Kirk Christiansen di Denmark. Lego pada awal pembuatannya berbahan dasar kayu.


Pada tahun 1958 , Lego mulai diproduksi dalam bentuk balok plastic seperti yang kita lihat sekarang. Mulai tahun 1970-an, Lego memulai ekspansi penjualan prouk ke luar negeri dengan beberapa set andalan seperti  set “Expert Builder” dan set “Lego Space”.


Lego sendiri di Indonesia telah dikenal luas, bahkan sudah banyak gerai-gerai mainan yang mengimpor permainan Lego untuk dipasarkan di tokonya. Hal ini karena potensi penjualan Lego sangat besar dengan rentang umur yang luas, yaitu mulai anak-anak sebagai mainan dan sebagai koleksi bagi orang dewasa.


Potensi Penduduk Indonesia
Lego juga sudah lama melirik Indonesia sebagai potensi lokasi pemasaran yang prospek besar. Oleh karenanya, sudah banyak produk Lego yang dipasarkan di Indonesia. Lego juga sudah merencanakan ekspansi untuk memperbanyak jumlah toko Lego yang berlisensi di Indonesia. 


Sejak 2016, Lego Group sudah merencanakan dengan matang bahwa sedikitnya 11 gerai resmi akan dibuka di Indonesia. Kemudian, pada 2017 bertambah 15 gerai lagi. Ini merupakan berita yang sangat bagus untuk penggemar Lego di Indonesia karena bisa mendapatkan produk dengan mudah.


Perusahaan Lego di Indonesia
Sekarang sudah ada Perusahaan asli Indonesia yang memegang lisensi pembuatan Lego. PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) adalah pabrik pemegang lisensi Lego Indonesia tersebut. MAPA didukung banyak potensi muda asli Indonesia.


Pangsa pasar untuk penjualan Lego produksi MAPA masih didominasi di Jabodetabek, yakni sekitar 70%. Meskipun membawa merk terkenal, tetapi persaingan industry mainan di Indonesia sangat ketat dengan bertambahnya merek-merek mainan baru baik lokal maupun impor.


MAPA memiliki fokus untuk membuat produk yang membuat anak Indonesia lebih kreatif dan memiliki imajinasi yang positif melalui mainan Lego. Sekarang, set yang paling diminati adalah “Lego City”. MAPA sendiri merupakan perusahaan ritel yang berlokasi di Jakarta.


Gerai Lego di Indonesia
Seperti telah disebutkan sebelumnya, Lego juga membuka gerai resmi di Indonesia untuk memperluas pasar. Beberapa gerai yang telah dibuka yaitu di Beachwalk Shopping Center Kuta, Cilandak Town Square, Grand City Surabaya, dan masih banyak lagi.


Toko resmi Lego ini telah dilengkapi dengan display semacam diorama yang menarik untuk setiap koleksi set blok-nya. Salah satu keunggulan dari toko resmi ini adalah ada system “pick a brick”, yaitu pengunjung dapat membeli blok lego dengan cara kiloan.


Kelebihan Mainan Lego
Ekspansi pasar besar-besaran oleh Lego memang bukan tanpa alasan. Peminat mainan ini dapat merambah berbagai rentang usia. Banyak orang tua yang mengarahkan anak untuk bermain lego dengan alasan dapat merangsang kreatifitas anak.


Kelebihan mainan Lego ini adalah untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Selain itu, Anak juga akan lebih imajinatif ketika membuat bangunan-bangunan yang diinginkan dengan cara menyusun blok satu persatu.


Demikian beberapa informasi mengenai perkembangan Perusahaan Lego di Indonesia. Sudah tersedia pabrik dan gerai resmi Lego Indonesia, dan hal ini sangat memudahkan para orang tua dan kolektor Lego untuk mendapatkan setiap setnya dan harganya pun lebih murah karena tidak perlu impor lagi.